Aneka Usaha Properti di Indonesia

Aneka Usaha Properti di Indonesia

Bisnis sudah menjadi bagian masyarakat dalam menjalani hidupnya. Salah satu bisnis paling digemari adalah usaha properti karena sangat potensial untuk maju di Indonesia. Beberapa tahun belakangan peningkatan bisnis properti terbilang sangat signifikan. Jadi, jangan heran apabila banyak orang berlomba-lomba terjun ke industri properti dalam negeri.

Apa Itu Usaha Properti?

Maksud dari properti adalah hal yang berkaitan atas kepemilikan kelompok atau individu terhadap hak yang eksklusif. Masyarakat Indonesia sering mengidentikkan properti dengan rumah, bangunan, tanah, dan lainnya. Sedangkan, di masyarakat luar negeri memandang properti sebagai real estate atau perumahan.

Peluang Bisnis Properti Modal Kecil

Usaha properti memang tidak asing lagi dengan jual beli tanah, rumah, apartemen, dan sejenisnya. Berikut ini profesi dari usaha properti modal kecil yang layak digeluti.

  1. Perantara penjualan;
  2. Agen properti (marketing atau broker).

Kedua profesi ini dapat dilakukan secara independen maupun dibawah naungan suatu perusahaan. Simak penjelasannya!

1 Perantara

Image result for Perantara Properti

Bisnis properti bagi sebagian orang dirasa mengalir begitu saja. Salah satu yang paling menggiurkan dengan menjadi perantara penjualan tanah atau rumah. Bahkan, lebih kilat lagi menjadi perantara penyewaan kamar kos-kosan.

Seorang perantara usai berhasil menyewakan atau menjual bangunan atau tanah kepada orang lain akan memperoleh komisi. Hal inilah membuat banyak orang ketagihan menjual atau menyewakan properti yang bukan miliknya.

Biasanya perantara konvensional hanya mencari pembeli, penyewa, maupun penjual yang berminat. Menyoal sistem komisi dilakukan dengan bagi hasil, rata-rata komisi perantara sekitar 2,5% dari total harga properti yang disepakati.

Apabila diperhatikan modal perantara properti cukup minim. Misal bermodalkan internet, pulsa, dan bensin untuk menemukan pembeli. Usaha properti sebagai perantara biasanya memanfaatkan jaringan pertemanan dan media sosial guna pemasaran.

2 Agen Properti

Image result for Agen Properti

Agen properti disebut juga marketing atau broker yang bertindak sebagai perantara antara pembeli dengan penjual. Profesi agen properti ada dua yakni dilakukan secara independen atau dari perusahaan.

Agen properti tidak seperti perantara yang hanya dapat menawarkan satu properti saja, karena dapat menjual lebih dari satu. Untuk agen properti perusahaan banyak dipilih pembeli karena lebih terpercaya, memiliki tim yang membantu penjualan, dan memiliki payung hukum jelas. Namun, agen properti perusahaan tidak bebas karena harus memenuhi target penjualan dan ada keuntungan wajib yang disetorkan.

Sedangkan agen properti independen lebih fleksibel dapat bekerja dimanapun dan kapan saja. Keuntungan dari penjualan atau komisi penyewaan penuh diperoleh. Meskipun banyak calon pembeli menganggap mereka kurang bonafit dan meragukan properti yang ditawarkan.

Usaha Properti Tanpa Modal Alias Dari Nol

Image result for Properti

Menekuni dunia bisnis properti tidak selamanya memerlukan modal besar. Berikut ini cara memulai usaha properti tanpa modal yang terbukti efektif.

1. Rajin Melihat Iklan

Anda dapat memulai usaha properti dengan melihat iklan-iklan properti yang ada dalam koran, papan iklan di jalan, maupun internet. Dari sini cobalah untuk memasarkan properti tersebut dengan cara mematok harga sedikit lebih tinggi. Tujuannya agar penjualan tidak terputus dan keuntungan yang diperoleh lancar.

2. Mulai Dari Lingkungan Sekitar

Promosi dan pemasaran dapat dimulai dari lingkungan sekitar Anda. Caranya dengan ikut pembicaraan maupun pergaulan orang-orang sekitar. Setelah menemukan target yang tepat mulailah menawarkan detail rumah dan lokasi yang diinginkan. Anda juga dapat fokus mencari properti yang calon pembeli minati. Jangan mudah menyerah karena bisnis properti dapat dikatakan ‘nothing to lose’.

3. Mencari Calon Penjual

Apabila Anda belum menemukan properti yang dijual sementara sudah memiliki calon pembeli, maka carilah properti sesuai ekspektasi calon pembeli. Kunjungi pameran real estate maupun perumahan atau apartemen yang sesuai keinginan pembeli. Kemudian, temukan informasi selengkapnya supaya calon pembeli mengetahui gambaran dan detailnya. Seperti luas, harga, hingga kondisi lingkungan.

4. Menawarkan Kerjasama

Mulailah menawarkan kerjasama setelah menemukan penjual. Buat kesepakatan kerjasama diatas kertas yang ditanda tangani antara Anda dan Penjual. Misalnya memuat tata cara penjualan, transaksi, pembagian komisi, dan penyelesaian ketika ada pihak ingkar janji. Kerjasama tersebut juga memuat harga yang hendak dinaikkan agar tidak terlalu tinggi. Untuk persentase juga harus jelas agar penjualan rumah tidak setinggi langit.

5. Membuat Platform Website

Zaman sekarang media promosi dan pemasaran sangat penting. Apabila, Anda sudah berhasil menemukan banyak pembeli dan menjalin kerjasama dengan penjual cobalah step ini. Caranya dengan membuat media online seperti website dari blogger.com maupun wordpress.com.

Anda dapat mulai mengelola website untuk media penjualan ataupun menjadi perantara online antara penjual dengan pembeli. Selain itu, dapat menjadi branding awareness untuk memulai usaha properti milik sendiri. Pemasaran online terbilang lebih luas karena target pasarnya tidak hanya satu wilayah.

6. Menciptakan Merek Usaha

Ketika usaha properti secara online dan konvensional sudah memperlihatkan hasil lancar, ciptakan merek usaha sendiri. Sehingga, Anda dapat menjalankannya lebih profesional. Merek usaha dapat dibuat dengan nama unik agar mudah diingat dan mengandung filosofis tersendiri. Merek usaha akan lebih meyakinkan calon pembeli dan penjual untuk menggunakan jasa Anda.

7. Mengelola Keuntungan

Setiap pemasukan dari usaha properti harus dikelola dengan manajemen dan akuntabilitas yang baik. Misalnya, keuntungan atas komisi dapat dikumpulkan dahulu untuk memperbesar usaha. Jadi, Anda tidak harus mengajukan pinjaman ke bank maupun lembaga pembiayaan lainnya.

8. Merekrut Karyawan

Setelah memasarkan jasa melalui website dan mengelola keuangan usaha dengan baik cobalah merekrut karyawan. Tidak selamanya Anda mencari calon penjual dan pembeli sendirian maupun mengelola media pemasaran sendirian. Bantuan tenaga dari karyawan juga mendorong agar usaha Anda bertambah besar dan maju. Karyawan juga dapat memegan peran untuk administrasi dan pemasaran properti Anda.

Intip 4 Jenis Peluang Properti Menguntungkan

Properti tidak melulu harus perumahan saja, usaha properti berikut ini juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Image result for Gudang

1. Properti Perkantoran

Menggeluti bisnis properti perkantoran disinyalir sebagai investasi menarik. Profit yang ditawarkan tergolong tinggi dibanding properti lainnya. Permintaan akan ruang kantor cukup besar apalagi banyak perusahaan memerlukan fungsi ruangan operasional, administrasi, keuangan, dan lainnya. Beberapa hal wajib diperhatikan adalah lokasi strategis, dekat fasilitas umum, dan dilengkapi perabot perkantoran.

2. Properti Untuk Perdagangan dan Ritel

Properti ritel dan perdagangan juga sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Misalnya ruko-ruko yang letaknya strategis dekat dengan jalan raya, perkantoran, pemukiman penduduk, dan mall. Dilihat dari pandangan perekonomian, properti ritel ini banyak dibutuhkan oleh negara berkembang. Tidak ada salahnya menjual atau menyewakan ruko dengan harga kompetitif.

3. Properti Industri

Properti industri dapat berupa manufaktur, pergudangan, pendistribuasian, dan tempat penelitian perusahaan. Terlebih lagi industri di Indonesia telah banyak mengalami perkembangan. Adapun tips memilih properti industri yang dekat dengan transportasi udara, darat (stasiun kereta api), dan laut (dermaga).

4. Properti Hunian Keluarga

Hunian keluarga dapat menjadi properti terbaik, tidak terbatas pada perumahan saja. Properti yang satu ini terbagi menjadi kelas kecil hingga kelas tinggi. Hunian keluarga di Indonesia paling banyak digunakan adalah kos-kosan, rumah tipe 36 dan tipe 45, rumah susun, apartemen, dan lainnya. Anda juga dapat menggeluti properti perhotelan dengan tawaran keuntungan yang menggiurkan.

Share